You need to enable javaScript to run this app.

MIS Al Falah Kuncung Menggelar Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Selasa, 29 November 2022
  • opm_MIS Al Falah Kuncung
  • 0 komentar
MIS Al Falah Kuncung Menggelar Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2022/2023

Tidak terasa proses pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2022 / 2023 akan segera berakhir. MIS Al Falah Kuncung sebagai salah satu Lembaga Pendidikan dasar yang ada di kecamatan ngoro kabupaten Jombang pada hari ini Senin,28 November 2022 juga menggelar Kegiatan Penilaian Akhir Semester ( PAS ) yang di ikuti oleh seluruh Peserta Didik MIS Al Falah Kuncung.

Ditemui diruangannya Bapak Kepala MIS Al Falah Kuncung Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd. I yang juga selaku Penanggung jawab kegiatan menjelaskan,” Merujuk pada kalender pendidikan MIS Al Falah Kuncung tahun pelajaran 2022/2023, maka hari ini, telah dimulai kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Secara umum tujuan dari pelaksanaan Penilaian Akhir Semester di MIS Al Falah Kuncung untuk mengukur sejauh mana keberhasilan materi yang telah disampaikan Guru pada saat proses kegiatan pembelajaran (KBM) dapat diserap oleh peserta didik. Adapun tujuan khusus pelaksanaan Penilaian Akhir Semester antara lain:

1. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik;

2. Mendiagnosis kesulitan belajar;

3. Memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;

4. Memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.

Bapak Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd. I juga mengatakan bahwasannya Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester MIS Al Falah Kuncung mengacu pada prinsip-prinsip penilaian, yaitu:

1. Valid

Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus mengukur  pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi (kompetensi inti dan kompetensi dasar) dan standar kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi.

2. Objektif

Penilaian hasil belajar peserta didik hendaknya tidak dipengaruhi oleh subyektivitas penilai, perbedaan latar  belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender,dan hubungan emosional.

3. Transparan/terbuka

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bersifat terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian dan dasar pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan.

4. Adil

Penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

5. Terpadu

Penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

6. Menyeluruh dan berkesinambungan

Penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaianyang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

7. Bermakna

Penilaian hasil belajar oleh pendidik hendaknya mudah dipahami, mempunyai arti, bermanfaat, dan dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak, terutama guru, peserta didik, dan orang tua serta masyarakat

8. Sistematis

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.

9. Akuntabel

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

10. Beracuan kriteria

Penilaian hasil belajar oleh pendidik didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.

Akhir penjelasannya Bapak Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd I mengatakan “Saya berharap agar semua guru pro aktif dalam pelaksanaan PAS ini, artinya semua yang terlibat di dalamnya harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya sampai berakhirnya nanti, Diharapkan juga bagi masing-masing guru mata pelajaran/ guru kelas agar memeriksa seluruh lembar jawaban anak-anak kita dan membagikan hasil aslinya kepada masing-masing siswa, agar bisa diketahui oleh siwa dan orang tua/wali siswa”.

Setelah kegiatan PAS selesai di temui juga di ruangan Guru MIS Al Falah Kuncung Ketua Kegiatan PAS semester ganjil yaitu Ibu Sri Suharti, S. Pd.I mengatakan bahwa Pelaksanaan PAS semester ganjil MIS Al Falah Kuncung terjadwal mulai 28 November 2022 sampai 5 Desember 2022, di mulai pukul 07.30 hingga 10.00 untuk peserta didik kelas IV,V,VI.dan untuk peserta didik kelas I,II dan III di mulai pukul 07.30 hingga 09.15.

kegiatan ini di lakukan secara tatap muka,karena MIS Al Falah Kuncung telah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka.

“ Alhamdulillah di hari pertama PAS semester ganjil berjalan dengan aman dan lancar dengan di ikuti 230 peserta didik dari kelas I sampai VI “,Ucapnya. *( Team_IT_Alfalah)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd. I

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan…

Berlangganan