You need to enable javaScript to run this app.

Sertifikasi Guru Al Qur’an – Metode UMMI MIS Al Falah Kuncung Tahun 2023

  • Jum'at, 06 Januari 2023
  • opm_MIS Al Falah Kuncung
  • 1 komentar
Sertifikasi Guru Al Qur’an – Metode UMMI MIS Al Falah Kuncung Tahun 2023

Jombang (MIS Al Falah) – MIS Al Falah Kuncung bekerjasama dengan Ummi Foundation menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Guru Al Qur’an Metode Ummi pada (2-4/4). Ada sebanyak 19 guru BTA MIS Al Falah Kuncung yang mengikuti kegiatan sertifikasi ini. Kegiatan sertifikasi telah menghadirkan dua Trainer dari Ummi Foundation Jombang, Ustadz Fatkhul Arifin, S. Pd  dan Ustadz Ahmad Fauqi Alie, S. Pd

Kepala MIS Al Falah Kuncung, Bapak Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd. I, menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi ini bertujuan untuk membantu guru BTA MIS Al Falah Kuncung dalam meningkatkan kemampuan metodologi pengajaran dan pembelajaran Al Qur’an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati sekaligus dapat menerapkan manajemen kelas yang efektif.

Rangkaian kegiatan sertifikasi ini di awali dengan Tahsin (Pembenahan cara baca Al-Qur’an dari jilid 1-6). Kemudian, Tashih bacaan Al Qur’an (pemetakan kemampuan guru BTA). Selanjutnya kegiatan sertikasi Selama 3 hari. Rangkaian kegiatan sertifikasi yaitu pre-test, pendalaman tentang visi dan misi metode Ummi, sistem manajamen Ummi, metodologi pengajaran Ummi Jilid 1 sampai 6, metodologi Ummi tajwid, Micro Teaching, pengelolaan kelas (Classroom Management) dan sampai pada post test.

Adapun 7 Program Dasar Metode Ummi yaitu:

1. Tashih Bacaan Al-Quran

Program ini dimaksudkan untuk memetakan standar kualitas bacaan Al Qur’an guru atau calon guru Al Qur’an, sekaligus untuk memastikan bacaan Al Qur’an guru / calon guru Al Qur’an yang akan mengajarkan Metode Ummi sudah baik dan tartil.

2. Tahsin

Program ini dilakukan dalam rangka membina bacaan dan sikap para guru / calon guru Al Qur’an sampai bacaan Al Qur’annya bagus / tartil. Mereka yang telah lulus tahsin dan tashih berhak mengikuti sertifikasi guru Al Qur’an Metode Ummi.

3. Sertifikasi Guru Al-Quran

Program ini dilaksanakan selama 3 hari dalam rangka penyampaian metodologi bagaimana mengajarkan Al Qur’an Metode Ummi, mengatur dan mengelola pembelajaran Al Qur’an dengan Metode Ummi. Bagi guru yang lulus dalam sertifikasi guru Al Qur’an ini akan mendapatkan syahadah / sertifikat sebagai pengajar Al Qur’an Metode Ummi.

4. Coaching

Merupakan program pendampingan dan pembinaan kualitas penyelenggaraan pengajar an Al Qur’an di sekolah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi sehingga bisa merealisasikan target pencapaian penjaminan mutu bagi siswa / santri.

5. Supervisi (Pemastian dan penjagaan mutu sistem ummi diterapkan di lembaga)

Merupakan program penilaian dan monitoring kualitas penyelenggaraan pengajaran Al Qur’an di madrasah dan lembaga-lembaga yang menerapkan sistem Ummi yang bertujuan memberikan akreditasi bagi lembaga tersebut.

Kegiatan evaluasi meliputi :

✅ Jumlah guru yang bersertifikat.

✅ Implementasi proses belajar mengajar di kelas .

✅ Standar hasil belajar siswa .

✅ Jumlah hari efektif Al Qur’an (HEQ).

✅ Rasio guru dan siswa .

✅ Manajemen / administrasi pengajaran 

✅ Pelaksanaan pembinaan guru dan mengevaluasi kualitas pembelajarannya

 

6. Munaqasyah (Kontrol eksternal kualitas/ evaluasi hasil akhir oleh ummi foundation)

Merupakan program penilaian kemampuan siswa / santri pada akhir pembelajaran untuk menentukan kelulusan.

Bahan yang diujikan meliputi :

✅ Fashohah dan Tartil Al Qur’an (juz 1-30) .

✅Membaca Ghoroib dan komentarnya .

✅ Teori Ilmu Tajwid dan menguraikan hukum-hukum bacaan.

✅Hafalan dari surat Al A’la sampai surat An Naas.

Munaqasah meliputi tartil baca Al Qur’an dan Tahfidz (menghafal) Al QUr’an, baik juz 30 , 29, 28, 27, maupun di juz 1 – 5

7. Khotaman dan Imtihan

Acara yang bertujuan uji publik sebagai bentuk akuntabilitas dan rasa syukur, dikemas elegan, sederhana dan melibatkan seluruh stake holder sekaligus merupakan laporan secara langsung dan nyata kualitas hasil pembelajaran Al Qur’an kepada orang tua wali santri/masyarakat. Acara meliputi :

✅ Demo kemampuan membaca dan hafalan Al Qur’an

✅ Uji publik kemampuan membaca, hafalan, bacaan ghoroib dan tajwid dasar

✅ UJi dari tenaga ahli Al Qur’an dari Tim Ummi dengan lingkup materi tertentu.

Pada kesempatan itu juga, koordinator guru BTA MIS Al Falah Kucung menyampaikan bahwa “Alhamdulillah, kegiatan sertifikasi guru Al Qur’an metode Ummi selama 3 hari berjalan dengan lancar. Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan juga keberkahan untuk semua. Aamiin.” (opm_alfalah)

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"Saya pernah mondok di alfitrah surabya dan saya juga pernah belajar metode ummi ghorib sama tajwid insyaallah saya bisa untuk belajar kembali tentang metode ummi"
27 Sep 2023 14:43 Kumala sari

Beri Komentar

Achmad Tutrikhul Absor, S. Pd. I

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan…

Berlangganan